Rabu, 16 April 2014
Kanguru Pohon Mantel Emas, adalah binatang dari kerajaan animalia dari kelas mamalia dengan nama ilmiah/nama latinnya yaitu Dendrolagus Pulcherrimus, fauna yang merupakan ordo diprotodontia ini adalah fauna khas dari pulau irian. binatang dengan rambut halus, pendek dengan warna coklat muda ini adalah genus dari dendrolagus. ciri-ciri warna dari kanguru pohon jenis mantel emas ini adalah pada pipi, leher dan kakinya berwarna kekuning-kuningga sehingga terlihat berwarna keemasan, pada bagian bawah perutnya berwarna lebih pucat dan terdapat dua garis berwarna keemasan di bagian punggungnya, Ekor dari binatang ini tidak berprehensil, bermotif cincin dengan warna yang lebih terang dan panjang.

Dendrolagus pulcherrim


Kanguru Pohon Mantel Emas ini mirip dengan upspesiesnya yaitu Kanguru Pohon Hias, hanya saja terdapat perbedaan pada warna muka yang lebih cerah agak merah muda, pundak terlihat keemasan, dan telinga berukuran kecil dengan warna putih.

Dendrolagus pulcherrim


Kanguru mantel Pohon Emas ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Papua new Guinea, yaitu tepatnya ditemukan oleh Pavel German di Pegunungan Torricelli, tepatnya adalah di gunung Sapau, sedangkan Pada bulan desember 2005 telah ditemukan populasi lainya di daerah Pegunungan Foja, Papua. yang mana untuk saat ini fauna endemik indonesia yang lucu ini merupakan spesies mamalia besar baru di negara Indonesia

Data Klasifikasi ilmiah Kanguru Pohon Mantel Emas


Nama Latin : Dendrolagus pulcherrim
Kerajaan : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Mammalia
Infrakelas : Marsupialia
Ordo : Diprotodontia
Famili : Macropodidae
Genus : Dendrolagus
Spesies : D. pulcherrimus

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Entri Populer

Facebook Kami