Minggu, 13 April 2014
Rangkong papan adalah salah satu jenis burung endemik Indonesia dengan nama latin atau nama ilmiah Buceros bicornis. Famili dari Bucerotidae yaitu merupakan spesies terbesar dibandingkan dengan spesiesnya yang lain. Ukuran dewasa burung khas Pulau Sumatra ini tergolong sangat besar, yaitu dengan panjang sampai dengan 160cm.

Buceros bicornis


Rangkong Papan ini memiliki tanduk berwarna kuning sampai hitam di atas parunya yang besar dengan warna kuning tersebut. dengan warna dasar hitamnya, burung ini memiliki kulit muka berwarna hitam dan bulu pada leher dengan warna kuning agak kecoklatan. sedangkan pada bulu ekor berwarna putih di padukan dengan warna hitam tebal pada bagian tepi. Walaupun terlihat kokoh sebenarnya tanduk pada burung rangkong ini memiliki rongga di dalamnya. Pada umumnya bentuk fisik dari Rangkong Papan Jantan berukuran lebih besar daripada Rangkong Papan Betina.

Penyebaran rangkong papan tersebar luas di seluruh hutan tropis di wilayah Indocina, Semenanjung Malaysia, Bhutan, Nepal, India, Republik Rakyat Tiongkok dan di Indonesia sendiri terdapat di Pulau Sumatra.

Buceros bicornis



Burung Rangkong Papan membangun sarang didalam lubang pohon pada saat ia akan bertelur ataupun sekedar hanya untuk berteduh. Burung Rangkong Betina akan masuk dan mengurung diri dengan tubuh tertutup lumpur pada saat ia akan bertelur, Burung Rangkong ini termasuk burung omnivora, karena burung rangkong memakan buah-buahan dan juga binatang seperti serangga, burung yang lebih kecil dan juga reptil. Sama halnya denga burung merpati, burung rangkong ini setia terhadap pasanganya dan akan berpasangan hanya denga seekor lawan jenisnya saja.

Data Klasifikasi ilmiah Rangkong Papan

Nama Latin : Buceros bicornis
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Coraciiformes
Famili: Bucerotidae
Genus: Buceros
Spesies: B. bicornis

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip

Entri Populer

Facebook Kami